Monday, September 29, 2014

Rupiah Ambles Dipicu Kebijakan Ekonomi AS

Equityworld Futures : Perekonomian Indonesia untuk satu tahun ke depan diprediksi masih akan mengalami sejumlah tantangan terutama yang bersumber dari faktor eksternal.

Karena itu, kesiapsiagaan para pengambil kebijakan baik dari sisi moneter, fiskal maupun sektor riil akan sangat menentukan fundamental ekonomi Indonesia dalam jangka pendek.

Terlebih beberapa waktu belakangan ini nilai tukar Rupiah melemah hingga menembus angka Rp12.000 per USD lebih, sementara Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia sudah mencapai angka 5.000.

“Itu sesuai dengan prediksi kita sebelumnya bahwa rupiah masih akan mengalami tekanan akibat dari kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) yang akan mengakhiri (tapering-off) pemberian stimulus moneter non-konvensional (quantitative easing-QE III)," kata Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Prof Firmanzah Ph.D, disitat dari laman Setkab, Senin (29/9/2014).

Meskipun sejumlah pihak menganggap tidak ada kaitan, menurut Firmanzah, naiknya IHSG juga menunjukkan bahwa kebijakan Bank Sentral AS itu juga mendorong terjadinya pelarian modal (capital outflow) di negeri kita melalui konsolidasi di pasar modal.

Firmanzah mengingatkan, selain pengakhiran pemberian stimulus moneter non-konvensional, indikator di bidang ketenagakerjaan dan pertumbuhan ekonomi di AS saat ini sudah membaik, sehingga ada kemungkinan Bank Sentral negara tersebut akan menaikkan suku bunga acuan (the Fed rate). (rzy)

0 comments:

Post a Comment