Monday, March 9, 2015

Era Serba Mahal, Ini Trik Hemat Pengeluaran

Equityworld Futures Medan : Makin meroketnya harga sejumlah bahan pokok harus membuat Anda memutar otak dalam mengatur anggaran bulanan. Ketelitian diperlukan agar anggaran yang sudah dipersiapkan tidak jebol.
Agar anggaran bulanan Anda tidak jebol, berikut trik menyesuaikan anggaran bulanan di era zaman serba mahal dari Perencana keuangan Andy Nugroho, Senin (9/3/2015).
"Dalam mengatur anggaran, yang paling utama dilakukan adalah mengurangi pengeluaran atau menambah pemasukan. Dirinci dulu , apa dan mana pengeluaran yang bisa dikurangi. Misalnya hal-hal yang bersifat konsumtif itu harus bisa dikurangi," kata dia kepada Okezone.
Andy mencontohkan, mengurangi hal yang bersifat konsumtif misalnya adalah dengan mengurangi jadwal menonton bioskop. "Biasanya seminggu sekali kurangi kalau bisa jadi sebulan sekali. Selain itu, kurangi juga makan makanan fast food diluar. Kalau bisa masak sendiri saja. Dengan begitu bisa mengurangi pengeluaran," ujarnya.
Selain itu, lanjut Andy, mengurangi hal konsumtif lainnya adalah bisa dengan cara menghemat ongkos transportasi. Hal itu bisa dilakukan dengan beralih menggunakan transportasi umum.
Menurut Andy, berbelanja hal konsumtif sebenarnya sah-sah saja dilakukan asal Anda sudah menyiapkan budgetnya. Anda juga harus memastikan bahwa anggaran wajib sudah disisihkan terlebih dahulu sebelum membelanjakannya untuk kebutuhan gaya hidup Anda.
"Tapi jika sudah tidak ada lagi hal konsumtif yang bisa dipangkas berarti Anda memang harus mencari pemasukan tambahan. Karena engga mungkin Anda harus memangkas biaya sekolah anak atau biaya makan sehari-hari di rumah. Makanya harus mencari pemasukan tambahan," tutup dia.
(mfa)

0 comments:

Post a Comment