Wednesday, March 25, 2015

Investor Tutup Mata Beli Bank di Indonesia

Equityworld Futures Medan : Indonesia akan memasuki pasar bebas atau yang lebih dikenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Namun, ada beberapa hal yang masih harus dibenahi oleh pemerintah.

Analis LBP Enterprise, Lucky Bayu, memasuki MEA yang harus dipersiapkan adalah industri perbankan Indonesia. Dia mengatakan, saat ini perbankan memang dituntut memberikan kredit untuk Usaha Kredit Menengah (UKM), agar siap menghadapi pasar bebas.

"Harus ada peran pemerintah di situ. Jadi perbankan BUMN harus siap memberikan (kredit) ke UKM," kata dia di MNC Power Breakfast, Rabu (25/3/2015).

Di sisi lain, dia mengatakan tingginya tingkat suku bunga acuan di Indonesia membuat investor asing enggan menjamah perbankan di Indonesia. Pasalnya, suku bunga di Indonesia termasuk yang tertinggi di ASEAN.

"Kalau kita lihat asing tutup mata untuk beli bank di Indonesia, karena suku bunga bank yang tinggi. Karena kita paling tinggi, mereka melihat margin yang besar," katanya.

Meski demikian, dia mengimbau pemerintah untuk mendorong penguatan bank-bank milik negara. Dengan demikian, perbankan BUMN memerlukan ekspansi yang luas dalam menangkal serangan perbankan asing.

"Jangan sampai asing akuisisi bank di sini, seperti bank Permata diakuisisi oleh Standard Chartered. Jangan sampai perbankan BUMN lebih lemah nantinya," tukas dia.
(mrt)

0 comments:

Post a Comment