Wednesday, March 11, 2015

Saham Asia Melemah Seiring Produksi Industri China Meleset dari Perkiraan

Equityworld Futures Medan : Saham Asia turun setelah data produksi industri China menunjukkan perlambatan dalam satu tahun terakhir sejak tahun 2009 lalu dan di tengah spekulasi Federal Reserve untuk mempercepat menaikkan suku bunga.
Perusahaan Fortescue Metals Group Ltd dan perusahaan minyak Inpex Corp masing-masing turun 2,3 % seiring meterial dan perusahaan energi memimpin penurunan. Saham Noble Group Ltd melemah ke level 17 bulan terendah, menghentikan kenaikan sejak pedagang komoditas menolak kritik dari praktik akuntansinya. Saham Eisai Co menguat 2,9 % pada hari ini di Tokyo terkait produsen obat berayun antara kenaikan pada saham medical di Asia.
Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,4 % ke level 142,25 pukul 04:08 sore di Hong Kong. Data menunjukkan produksi industri China dan penjualan ritel meleset dari estimasi pada periode bulan Januari-Februari, menyarankan agar stimulus mungkin diperlukan untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi China daratan. Indeks Standard & Poor 500 kemarin merosot 1,7 %, yang merupakan penurunan terbesarnya dalam dua bulan terakhir, seiring penguatan mata uang dolar dekati level 12-tahun tertinggi terhadap euro.
Indeks Shanghai Composite memangkas kenaikan sebesar 1,9 % dan ditutup menguat sebesar 0,2 %. Produksi pabrik di China melonjak sebesar 6,8 % pada tahun ini sampai bulan Februari dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan proyeksi pertumbuhan sebesar 7,7 % menurut data yang disurvei oleh Bloomberg. Sementara itu, penjualan ritel naik 10,7 %. Data dua bulan digunakan untuk menghindari distorsi dari liburan Tahun Baru Imlek. (knc)
Sumber : Bloomberg

0 comments:

Post a Comment