Wednesday, May 6, 2015

Indeks Saham Berjangka China Melonjak Pasca Komentar Xinhua

Equityworld Futures Medan : Indeks saham berjangka China naik pasca kantor berita resmi Xinhua mengatakan fase bullish pasar saham China belum berakhir dan keuntungan akan terus pada kecepatan yang lebih lambat.
Kontrak pada indeks CSI 300 yang berakhir pada bulan Mei naik sebesar 0,9 persen ke level 4.637 pukul 9:21 penurunan pasar saham China pada hari Selasa kemarin bukan akhir dari fase bullish dan malah bisa membantu pasar memasuki 'slow bull' mode yang dianjurkan oleh regulator bursa, Xinhua mengatakan dalam sebuah komentar di website-nya.
Indeks Shanghai Composite anjlok sebesar 4,1 persen ke level 4,298.71 pada hari Selasa kemarin, penurunan terbesar dalam tiga bulan terakhir, di tengah kekhawatiran pemerintah yang akan memperkenalkan langkah-langkah baru untuk mendinginkan pasar seiring tingkat valuasi dan penjualan saham baru yang berpotensi mengalihkan dana dari ekuitas yang ada.
Dikalangan investor China berdasarkan historisnya, reli pada ekuitas ini masih mencari pemicu untuk pembalikan arah trend yang sudah lama di tunggu-tunggu
Pasar bullish telah berlangsung selama 883 hari kemarin, rekor tertinggin China sebelumnya yaitu selama 56 hari, pasca Indeks Shanghai Composite melonjak sebesar 119 persen sejak Desember 2012 lalu. Bahkan jika kenaikan diukur dari Juni 2013 - ketika indeks menghindari fase bearish, penurunan sebesar 20 persen - itu masih terpanjang kedua sejak bursa Cina dibuka untuk perdagangan pada tahun 1990 lalu.
Indeks CSI 300 turun sebesar 4 persen pada Selasa. Indeks Hang Seng Hong Kong China Enterprises turun sebesar 2,6 persen, sedangkan indeks Hang Seng turun sebesar 1,3 persen. Indeks Ekuitas Bloomberg China-AS merosot sebesar 2,4 persen di New York.
Indeks Shanghai Composite telah rally 33 persen tahun ini di tengah harapan pemerintah akan memperpanjang pemotongan suku bunga dan mempercepat merger perusahaan milik negara untuk meningkatkan perekonomian. (izr)
Sumber: Bloomberg

0 comments:

Post a Comment