Wednesday, February 22, 2017

Dolar AS naik pada komentar hawkish Fed dan risiko politik Eropa


Dolar AS secara luas naik, berada di jalur untuk kenaikan tertajam terhadap euro dalam dua minggu terakhir setelah komentar hawkish dari pejabat Federal Reserve, dan didorong oleh ketidakpastian politik di Eropa.
Presiden Fed Cleveland Loretta Mester mengatakan Senin bahwa ia akan nayman untuk meningkatkan suku bunga pada saat ini jika ekonomi nanpu mempertahankan kinerja saat ini, sementara Market News International mengutip Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker yang mengatakan bahwa kenaikan Maret bisa dilakukan.
Investor juga menunggu pernyataan lainnya dari Fed Dewan Gubernur Jerome Powell, Presiden Fed Atlanta Dennis Lockhart dan Dallas Fed Presiden Robert Kaplan minggu ini.
Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama, terakhir naik 0,4 persen menjadi 101,370 setelah menyentuh posisi 6 hari tertinggi di posisi 101,600 sebelumnya.
Terhadap yen, dolar naik 0,5 persen ke level 113,61 ¥, berada di jalur untuk kenaikan terbesar satu hari terhadap mata uang Jepang dalam delapan hari belakangan.
Euro jatuh 0,8 persen ke level terendah enam hari di level$ 1,0526 di tengah kekhawatiran retorika anti-Uni Eropa dari kandidat presiden Prancis Marine Le Pen dan calon Belanda Geert Wilders menjelang putaran pertama pemilihan Perancis pada 23 April, Mata uang juga tertekan oleh pemilihan parlemen Belanda 15 Maret nanti dan pernyataan Fed yang hawkish. (sdm)
Sumber: Reuters

0 comments:

Post a Comment