Friday, July 6, 2018

Berlayar di Pasar Modal, Saham Transcoal Melejit 69%

Foto: Danang Sugianto

Equity World Medan - PT Transcoal Pacific Tbk telah resmi mencatatkan sahamnya (listing) di pasar modal. Dengan begitu jumlah emiten di pasar modal bertambah menjadi 587 perusahaan.

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayaran ini menawarkan saham perdananya di level Rp 130 per lembar saham. Namun saat pencatatan, saham berkode TCPI ini melejit 69,57% menjadi Rp 234.

Karena menguat melebihi batas atas transaksi harian, saham TCPI langsung terkena auto reject.

Di level harga tersebut saham TCPI sebenarnya cukup banyak ditransaksikan. Tercatat frekuensi transaksi sebanyak 1 kali, jumlah volume 100 lot saham dengan nilai sebesar Rp 2,34 juta.

"Kami selalu berharap dan berjanji dengan tercatat saham perseroan di bursa akan memberikan alternatif investasi yang menarik," kata Komisaris Utama Independen TCPI Achmad Sutjipto di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Baca juga: CR7 Makin Dekat ke Turin, Harga Saham Juventus Meroket


TCPI sendiri melepas 1 miliar lembar saham baru atau setara 20% dari modal yang disetor penuh perseroan setelah penawaran umum. Jika dihitung perusahaan mendapatkan dana segar sebesar Rp 138 miliar.

Dana hasil IPO ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, akan digunakan sebagai tambahan modal kerja untuk kegiatan operasional Perseroan.

Perusahaan menunjuk menunjuk penjamin pelaksana emisi efek yakni PT Investindo Nusantara Sekuritas dan PT Jasa Utama Capital Sekuritas, serta 4 perusahaan penjamin emisi yakni PT Panca Global Sekuritas, PT Dhanawibawa Sekuritas Indonesia, PT Pacific Sekuritas Indonesia, PT Binaartha Sekuritas.

Berdasarkan data prospektus final, sebelum IPO, saham Perseroan dimiliki oleh PT Sari Nusantara Gemilang (SNG) sebesar 70% dan PT Karya Permata Insani (KPI) sebesar 30%. Setelah IPO, komposisi pemegang saham Perseroan yakni SNG sebesar 56%, KPI menjadi 24%, dan sisanya pemegang saham publik sebesar 20%. Perseroan memiliki satu Entitas Asosiasi dengan kepemilikan saham 28,8% yakni PT Energy Transporter Indonesia yang bergerak di jasa pelayaran dalam dan luar negeri.

Sumber : detik.com

PT. Equityworld Medan
EWF Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2018
Loker EWF Medan

0 comments:

Post a Comment