Thursday, March 12, 2015

Pelemahan Rupiah Bikin Investor Saham Cemas

Equityworld Futures medan : Dibandingkan kemarin nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sedikit menguat. Kini dolar AS mulai menjinak dan meninggalkan level Rp 13.200.

Namun pada perdagangan kemarin, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ditutup di posisi Rp 13.215. Ini menjadi salah satu penyebab aksi jual bersih investor asing mencapai Rp 1 triliun dan membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi 43,362 poin (0,79%).

Kepala Riset NH Korindo Securities Reza Priyambada mengatakan, para investor saham mulai menjauhi saham-saham yang berpotensi rugi akibat pelemahan rupiah dengan melakukan aksi jual. Pelemahan rupiah ini memang sudah mengkhawatirkan investor pasar modal.

"Persepsi pelaku pasar terhadap emiten ketika pelemahan rupiah dianggap sudah mengkhawatirkan. Mereka akan lebih memilih stay away (menjauh)," ujar Reza kepada detikFinance, Kamis (12/3/2015).

Dia menjelaskan, investor memilih melakukan aksi jual untuk mengantisipasi terus melemahnya nilai tukar rupiah.

"Misalnya dia punya saham di perusahaan yang bahan bakunya impor, itu kan berpengaruh karena rupiah melemah. Ketika rupiah turun terus, ini sampai kapan? Mereka pilih langsung jual daripada rugi," terangnya.

Melihat hal itu, Reza memperkirakan gerak IHSG dalam jangka pendek setidaknya dalam 1-2 bulan ke depan akan cenderung melemah. Bahkan bukan tidak mungkin IHSG akan meninggalkan kisaran 5.400.

"Pelemahan IHSG bisa mencapai 5.305 sampai 1-2 bulan ke depan. Faktornya pelemahan rupiah, dampak negatif Eropa, dan ekspektasi kenaikan bunga The Fed," tuturnya.
(drk/hds)

0 comments:

Post a Comment