Thursday, March 12, 2015

Rupiah Dibuka Berhasil Menguat Tipis

Equityworld Futures Medan : Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibuka menguat tipis. Meski mengalami penguatan tipis, Rupiah nampak masih tertekan sentimen positif dolar AS.
Melansir Bloomberg Dollar Index, Kamis (12/3/2015), Rupiah pada perdagangan non-delivery forward (NDF) menguat 7,4 poin ke Rp13.184 per USD. Pagi ini, Rupiah bergerak di kisaran Rp13.134-Rp13.187 per USD.
Analis MNC Securities, Zabrina Raissa, memaparkan dari dalam negeri sentimen yang membayangi Rupiah adalah karena meningkatnya utang luar negeri Indonesia sebesar 9,9 persen pada kuartal IV ini.
"Sementara dari luar negeri, fed fund rate yang akan mengalami peningkatan, membuat dolar AS mengalami penguatan dari hari ke hari," tutur dia dalam Power Breakfast MNC Business, di Jakarta Rabu (11/3/2015).
Dia melanjutkan, pelemahan Rupiah masih akan terus terjadi di tengah spekulasi kenaikan suku bunga tersebut. Bahkan, dia memperikirakan Rupiah dapat menyentuh kisaran Rp13.300 per USD.
Sekadar informasi, proyeksi akan kenaikan tingkat suku bunga AS membuat harga saham di banyak negara melemah. Bahkan, saham-saham di Asia mendekati level tujuh minggu terendah.
Indeks dolar terhadap enam mitra pedagang besar AS mencapai tingkat tertinggi 12 tahunan ke 99,985. Data tenaga kerja AS cukup kuat memicu ekspektasi bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada Juni.
Namun, penguatan dolar AS juga membuat pasar saham Amerika melemah, karena mengikis pendapatan bagi perusahaan multinasional. Indeks The S&P 500 (SPX) turun 0,2 persen ke level terendah satu bulan.
(mrt)

0 comments:

Post a Comment