Wednesday, December 31, 2014

Evakuasi QZ 8501 terhambat cuaca Buruk, tim SAR wait and see

Equityworld Futures Medan : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi cuaca buruk sedang terjadi di sekitaran perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Rabu (31/12). Kepala kantor BMKG Lanud Iskandar, Lukman Soleh mengatakan, akan memperbarui informasi perkiraan cuaca setiap satu jam sekali untuk membantu Tim SAR yang sedang mengevakuasi jenazah Pesawat AirAsia yang jatuh.

"Kami akan update cuaca satu jam sekali dan kecepatan angin 25 knot mengarah barat daya ke utara jadi bisa membantu mana saya lokasi pencariannya," kata Lukman saat konferensi pers di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Menurut dia, hasil scan radar cuaca, banyak awan cumolonimbus (CB) di lokasi evakuasi yang menganggu jalur penerbangan untuk proses pencarian jenazah penumpang pesawat AirAsia.

"Banyak cel cumolonimbus di sekitar lokasi. Itu ada di ketinggian 300 meter di atas permukaan laut dengan titik puncak awan CB itu mencapai 12 kilometer," katanya.

Dia menambahkan, saat ini juga terpantau dalam scan cuaca, arah pergerakan awan yang berkumpul tersebut. Awal diperkirakan akan bergerak pada pukul 09.00 WIB dari arah barat daya menuju ke utara.

"Perkiraan cuaca Pangkalan Bun masih belum normal kalau cuaca baik saya akan informasikan."

Sementara Kondisi di Lanud Iskandar Pangkalan Bun saat ini mendung diiringi dengan hujan berintensitas ringan. Tidak ada kegiatan keberangkatan untuk evakuasi di bandara ini. Tiga helikopter; Super Puma milik TNI AU, Helikopter Bulcu milik TNI AL, dan Helikopter Dolphin milik Basarnas yang sedianya digunakan untuk evakuasi juga masih terparkir di Lanud Iskandar.

Terpisah, Kepala Basarnas Marsdya TNI F Henry Bambang Sulistyo juga menjelaskan kondisi di lapangan. Seluruh tim pagi ini masih menunggu cuaca baik untuk melanjutkan pencarian.

"Kita belum bisa apa-apa, wait and see, masing-masing di posisi tugas, di sana hujan deras. Antisipasi saya, mudah-mudahan hari ini bisa masuk," lanjutnya.

[cob]

0 comments:

Post a Comment