Tuesday, January 27, 2015

Emas Stabil Setelah Meredanya Kekhawatiran Terhadap Yunani

Equityworld Futures Medan : Harga emas diperdagangkan cenderung stabil di pasar Asia karena meredanya kekhawatiran Yunani akan keluar dari zona euro dan para pelaku pasar menunggu data Federal Reserve.

Emas berjangka untuk pengiriman April diperdagangkan pada $ 1,277.10 per troy ounce pada pukul 08:37 WIB.

Perak berjangka untuk pengiriman Maret naik 0,12% diperdagangkan pada $ 17,930 per troy ounce.

Tembaga untuk pengiriman Maret turun 0,07% diperdagangkan pada $ 2,541 per pon.

Semalam, emas turun lebih dari 1% karena minat untuk aset safe haven melemah setelah kekhawatiran atas pemilu Yunani berkurang.

Harga emas kemungkinan akan bergerak menuju support di $ 1,270.78 per troy ounce. Pecahnya area tersebut akan membawa harga emas bergerak ke bawah menuju support $ 1,259.39 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas tertahan kuat di area $ 1,276.64 per troy ounce dan muncul sinyal bullish di sekitar area tersebut membuka potensi harga akan bergerak ke atas menuju resistance $ 1,282.17 per troy ounce. Pecahnya area tersebut akan membawa emas bergerak ke atas menuju resistance berikutnya di $ 1,293.56 per troy ounce.

Partai sayap kiri Yunani Syriza membentuk pemerintahan koalisi dengan partai sayap kanan Independent pada hari Senin. Syriza meraih 149 kursi dari total 300 kursi di parlemen Yunani, sedangkan Independent meraih 13 kursi, menjadikan mereka meraih suara mayoritas pemerintahan.

Walaupun kedua belah pihak berbeda haluan politik, namun mereka sepakat menolak langkah-langkah penghematan yang berhubungan dengan bailout internasional Yunani.

Pemimpin Syriza Alexis Tsipras telah berjanji untuk melakukan negosiasi ulang dana talangan sebesar € 240 miliar dan menghentikan langkah-langkah penghematan yang diberlakukan oleh Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional, meningkatkan kemungkinan konflik besar dengan negara negara di zona euro.

Euro jatuh ke level terendah 11 tahun di 1,1098 terhadap dolar sebelum melakukan rebound ke 1,1266, karena kebanyakan analis pasar mengharapkan Tsipras akhirnya berhasil membuat kompromi untuk menenangkan pemberi pinjaman internasional dan menghindari apa yang disebut "Grexit".

Selain itu, kemungkinan Menteri Keuangan Yunani berikutnya Yanis Varoufakis menyatakan sebelumnya keinginan Yunani untuk tetap di zona euro.

Investor akan menunggu hasil pertemuan kebijakan Federal Reserve pada hari Rabu untuk penjelasan lebih lanjut tentang kapan suku bunga akan mulai naik.

Data awal pertumbuhan kuartal keempat AS pada hari Jumat juga akan menjadi fokus.

Emas naik hampir 9% pada tahun 2015, sementara perak naik hampir 15%, karena investor mencari lindung nilai dari volatilitas di pasar keuangan global.

0 comments:

Post a Comment