Friday, January 23, 2015

Penyebab 3G Indonesia Lebih Kencang dari 4G


Equityworld Futures Medan : Operator berbasis GSM, Indosat, menyatakan teknologi 3G yang saat ini hadir masih lebih kencang dibanding jaringan 4G yang mereka sediakan. Pasalnya, frekuensi band yang diadopsinya masih berada di kapasitas 5 MHz. 
"Teknologi 3G Indosat sendiri sudah didukung dengan teknologi dual-carrier HSPA+, sehingga memungkinkan bisa mencapai kecepatan 42 Mbps. Seperti sekarang, sedangkan 4G hanya pakai band 5 MHz, kecepatan maksimum hanya mencapai 35,5 Mbps," jelas Division Head Network Optimization Indosat Joko Riswadi kepada Okezone, di Makasar, Jumat (23/1/2015).
Menurutnya, teknologi yang ada pada 3G tidak bisa diterapkan pada jaringan frekuensi 4G, meski kedua jaringan sama-sama berjalan pada pita frekuensi 900 MHz.
"Untuk jaringan 4G nanti, Indosat akan menggunakan teknologi jaringan carrier aggregation. Adopsi teknologi ini kemungkinan akan mencapai kecepatan 185 Mbps," jelas Joko.
Dirinya juga mengungkapkan, teknologi 4G masih belum bisa dijalankan maksimal oleh Indosat karena salah satunya adalah kendala pita band yang terbatas. Selain itu, pita frekuensi masih di frekuensi 900 MHz yang juga banyak digunakan operator lain.
"Kami sedang menunggu dibukanya pita frekuensi di 1.800 MHz, semoga pemerintah bisa secepatnya realisasikan hal ini," tambah Joko.
(amr)

0 comments:

Post a Comment