Friday, April 17, 2015

Alasan Harga Minyak Dunia Menguat Enam Hari Berturut-turut

Equityworld Futures Medan : Harga minyak mentah dunia mengalami penguatan hampir selama sepekan. Pada penutupan perdagangan kemarin, harga minyak dunia menguat 0,3 persen USD55 per barel.
Menurut Analis dari OSO Sekurities Supriyadi, ada dua faktor yang menjadi penyebab harga minyak dunia mengalami penguatan selama enam hari berturut-turut.
"Pertama adalah dari krisis di Timur Tengah, Yaman dan Arab Saudi. Kita tahu Arab Saudi merupakan supllier minyak terbesar di dunia. Dengan perselisihan yang terjadi disana tentu akan mengcreate kenaikan harga minyak," kata dia dalam acara Power Breakfast di MNC Business, Jakarta (17/4/2015).
Faktor yang kedua adalah faktor internal dari Amerika Serikat (AS). Menurutnya, produksi shale oil di AS mengalami penurunan akibat tantangan yang cukup besar.
"Harga minyak pernah dibawah level USD50 per barel membuat banyak perusahaan migas disana pada teriak. Dan banyak mereka yang menutup perusahaannya jadi supply di AS juga menyusut. Itu dua faktor yang membuat harga minyak naik, " katanya.
Sementara itu, untuk pergerakan harian minyak, Supriyadi memprediksi dikisaran USD54-USD55 per barel. Sementara untuk base on tekhnical riset harga minyak menurutnya berada di level USD59 per barel.
(mfa)

0 comments:

Post a Comment