Friday, July 10, 2015

Yunani Berusaha Mendapatkan Bailout Senilai EU53.5 Miliar dalam Upaya Menjaga Euro

Equityworld Futures Medan : Pemerintah Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras terus mencari pinjaman bailout selama tiga tahun minimal senilai 53.5 miliar euro ($59.2 billion), dalam upaya terakhir untuk menjaga Yunani berada tetap di zona euro.
Dalam pertukaran, ia menawarkan paket reformasi dan pemangkasan belanja negara, termasuk tabungan pensiun dan kenaikan pajak, mirip dengan yang disajikan oleh kreditur bulan lalu. Usulan itu disampaikan Kamis malam dan akan disampaikan kepada Parlemen Yunani, Jumat. Sudah diatur akan dibahas pada pertemuan puncak para pemimpin Uni Eropa hari Minggu mendatang untuk menentukan apakah Yunani akan mendapatkan bailout baru, atau dipaksa untuk meninggalkan mata uang tunggal.
Reaksi pasar menyarankan investor percaya kesepakatan bisa dilakukan, atau bahwa Bank Sentral Eropa dapat berhasil mengandung dampak jika salah satu tidak. Indeks acuan Stoxx Europe 600 naik sebesar 2,2 persen dan Yunani, obligasi Portugal dan Italia naik. Euro naik 0,4 persen ke level $1,107.
Usulan Yunani untuk mendapatkan pinjaman bailout tiga tahun itu mirip dengan yang disajikan oleh Komisi Eropa pada 26 Juni Ini termasuk tuntutan lama kreditur untuk kenaikan pajak penjualan dan pemotongan belanja publik pada pensiun. Yunani juga mengusulkan restrukturisasi utang dan paket kebijakan pertumbuhan dari 35 miliar euro. (izr)
Sumber: Bloomberg

0 comments:

Post a Comment