Wednesday, November 9, 2016

Pilpres AS Disorot, Bursa Saham Asia Tenggelam Hebat; Dipimpin Tokyo

Equity World - Nikkei 225 merosot 3,67% pada hari Rabu, tertekan hasil pemilihan presiden AS datang dengan negara bagian medan pertempuran kunci berlangsung sangat ketat. Pasar valuta asing dan komoditas menunjukkan volatilitas yang sangat meningkat.

S&P/ASX 200 tergerus kuat 2,37%, sedangkan Komposit Shanghai turun 0,65%. Dow berjangka tumpah 431 poin karena meningkatnya peluang kemenangan Donald Trump atas Hillary Clinton.

Sebelumnya di China, angka CPI bulan Oktober datang dengan kenaikan sebesar 2,1% tahun-ke-tahun seperti yang diharapkan, dengan bulan-ke-bulan menunjukkan data yang jatuh 0,1%, dari kenaikan sebelumnya sebesar 0,7%. Angka PPI menunjukkan peningkatan 1,2%, lebih dari keuntungan 0,8% terlihat tahun-ke-tahun.

Juga di Australia, sentimen konsumen Westpac bulan November turun 1,1% dibandingkan dengan pembacaan sebelumnya keuntungan 1,1%. Di Jepang, transaksi berjalan bulan September mencatat surplus ¥1,821 trilii, lebih sempit daripada surplus ¥1,96 triliun terlihat disesuaikan, sedangkan angka penyesuaian musiman datang ¥1,48 triliun juga lebih sempit dari surplus ¥1,98 triliun terlihat.

Semalam, bursa saham AS menghijau setelah ditutup, dengan keuntungan diraup sektor Barang Konsumen, Utilitas dan Telekomunikasi yang memimpin saham lebih tinggi.

Pada penutupan di NYSE, Dow Jones Industrial Average naik 0,40% menyentuh level tertinggi baru 1 bulan, sedangkan Indeks S&P 500 naik 0,38%, dan Indeks Komposit NASDAQ menguat 0,53%.

PT Equity World Futures Medan

0 comments:

Post a Comment