Monday, May 14, 2018

Harga Pangan Sering Tak Stabil, Buwas: Regulasi Perlu Diperbaiki

Foto: Grandyos Zafna.
Equity World Medan - Harga pangan di dalam negeri saat ini kerap tidak stabil, baik dari segi stok maupun harganya. Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) mengatakan, kondisi itu merupakan dampak dari regulasi yang masih perlu banyak perbaikan.

Lelaki yang akrab disapa Buwas ini mengatakan, regulasi dari skema produksi hingga distribusi perlu diperbaiki. Apalagi ada pihak ketiga dalam sistem distribusi bahan pangan yang saat ini dicurigai sebagai pihak yang kerap mengendalikan harga pangan.

"Saya lihat disini ada beberapa hal ketersediaan barang dan harga barang jadi tidak stabil ini karena sistem birokrasi yang harus diperbaiki termasuk regulasi," kata Buwas di Kantornya, Senin (14/5/2018).

Ia mengatakan, skema produksi hingga distribusi ini masih dipermainkan oleh pasar bebas atau pelaku-pelaku dan segelintir orang yang bisa mengendalikan harga pangan. Hal ini yang perlu tanggapi segera yaitu dengan pengelolaan secara keseluruhan oleh negara dalam hal ini Bulog.

"Sekarang pasar kita dikuasai pasar bebas," ujar dia.

Harga Pangan Sering Tak Stabil, Buwas: Regulasi Perlu DiperbaikiFoto: Selfie Miftahul Jannah

"Sekarang saya fokus terhadap itu, karena dengan sistem yang terbangun itu Bulog itu utamanya beras Indonesia. Jadi semua membutuhkan beras ketersediaan beras ini harus terjamin," kata dia.

Meski untuk menstabilkan harga hingga stok masih mengandalkan impor, Buwas menjelaskan target ke depan Bulog harus membantu menyerap gabah sebanyak banyaknya dari petani dan membantu menstabilkan stok dan membuat harga beras stabil.

"Tanggung jawab kita harus menyerap sebanyak banyaknya gabah dari petani. Langkah real-nya kemarin dengan Mentan, dengan membagikan 1.000 dryer jadi nggak ada lagi alasan kadar air yang tidak stabil," kata dia.

Sumber: Detik.com

PT Equityworld Futures
EWF Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2018
Loker Ewf Medan

0 comments:

Post a Comment