Monday, February 24, 2020

Rekor! Corona Makin Ganas, Emas Antam Hingga Rp 760.000/gram

Rekor! Corona Makin Ganas, Emas Antam Hingga Rp 760.000/gram PT Equityworld Medan - Harga emas acuan yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) kembali meroket Rp 5.000 (0,66%) menjadi Rp 760.000 per gram dan mencetak rekor tertinggi baru sepanjang masa. Penguatan terjadi dari Rp 755.000/gram akhir pekan lalu yang mengikuti harga emas dunia yang mencetak rekor tertinggi baru akibat dampak virus corona yang semakin meluas.

Berdasarkan harga Logam Mulia di gerai Butik Emas LM - Pulo Gadung di situs logammulia milik Antam hari ini (24/2/20), harga tiap gram emas Antam ukuran 100 gram melonjak menjadi Rp 76 juta dari harga akhir pekan lalu Rp 75,5 juta per batang.

Naiknya harga emas Antam itu mengekor harga emas di pasar spot global yang naik duluan akhir pekan lalu yang masih berlanjut hari ini.


Emas Antam kepingan 100 gram lumrah dijadikan acuan transaksi emas secara umum, tidak hanya emas Antam. Harga emas Antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Di sisi lain, harga beli kembali (buyback) emas Antam juga naik Rp 6.000/gram hari ini menjadi Rp 731.000/gram dari Rp 725.000/gram akhir pekan lalu.

Harga itu dapat menunjukkan harga beli yang harus dibayar Antam jika pemilik batang emas bersertifikat ingin menjual kembali investasi tersebut.

Terkait dengan harga emas di pasar spot global, akhir pekan lalu harga logam mulia ini sudah mencapai US$ 1.643,31 per troy ounce (oz), naik ,48% dari US$ 1.619,4/oz pada hari sebelumnya. Hari ini, harga emas di pasar spot masih melanjutkan penguatan sebesar 1,06% menjadi US$ 1.660,81/oz.

Penguatan terjadi akibat belum mampu diatasinya penyebaran virus corona yang bahkan sudah merenggut 2.471 nyawa korban. Di luar China, data Johns Hopkins CSSE dan Worldometers menunjukkan sudah ada 8 orang yang meninggal di Iran, 7 orang di di Korsel, 3 orang di Italia, 2 orang di Hong Kong, dan asing-masing 1 orang di Prancis, Jepang, Filipina, dan Taiwan.

Selain emas Antam biasa, Antam juga menawarkan emas batik dan emas tematik serta menampilkan harga hariannya di situs yang sama.

Di sisi lain, Antam juga menjual emas batangan dengan dasar ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram di berbagai gerai yang tersedia di berbagai kota, dari Medan hingga Makassar.

Harga dan ketersediaan emas di tiap gerai bisa berbeda. Harga emas tersebut sudah termasuk PPh 22 0,9%. Masyarakat bisa menyertakan NPWP untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah yaitu 0,45%.

Naik-turunnya harga emas ukuran kecil itu biasanya mengindikasikan risiko pada hari kerja sebelumnya.

Beberapa faktor yang memengaruhi harga emas adalah nilai tukar rupiah, penawaran-permintaan, permintaan industri emas, isu global, tingkat inflasi, dan tingkat suku bunga.

Penguatan harga emas Antam biasanya mencerminkan kecenderungan masyarakat untuk memburu emas ritel ketika kondisi tidak kondusif, sehingga mencerminkan fungsi logam mulia sebagai instrumen yang dinilai lebih aman (safe haven) untuk masyarakat di dalam negeri.



Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2019
Loker EWF Medan

0 comments:

Post a Comment