Wednesday, February 18, 2015

Kecemasan Terhadap Yunani Menyeret Harga Emas Turun

Equityworld Futures Medan : Harga emas turun pada hari Selasa, setelah pembicaraan antara Yunani dan para menteri keuangan zona euro gagal mencapai kesepakatan, memicu kekhawatiran atas kelangsungan Yunani sebagai anggota zona euro.

Emas berjangka untuk pengiriman April turun 0,48%, diperdagangkan pada $ 1,221.40 per troy ounce pada pukul 16:01 WIB di pasar Eropa . 

Perak berjangka untuk pengiriman Maret turun 2,84% diperdagangkan pada $ 16,80 per ounce.

Harga emas tetap rentan di tengah meningkatnya optimisme bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada bulan Juni.

Pelaku pasar akan fokus pada risalah dari pertemuan Fed terbaru pada hari Rabu untuk indikasi lebih lanjut tentang kapan bank sentral akan mulai menaikkan suku bunga.
 

Sementara itu, tembaga untuk pengiriman Maret turun 0,61%, diperdagangkan pada $ 2,589 per pon.

Pada hari Senin, tembaga untuk pengiriman Maret naik tipis 0,4 sen, atau 0,15%, menjadi berakhir pada $ 2,609 pada harapan tercapainya kesepakatan utang Yunani.

Namun, pembicaraan antara Yunani dan kreditur zona euro mengenai krisis utang negara gagal setelah Athena menolak proposal untuk memperpanjang bailout.

Saat ini bailout Yunani sebesar € 240 miliar akan berakhir pada akhir bulan dan pemerintah baru Yunani tidak ingin memperpanjang. Athena menolak perpanjangan enam bulan bailout yang diusulkan pada hari Senin, dengan menyebutnya "tidak dapat diterima".

Athena sampai dengan hari Jumat harus mengajukan perpanjangan jika tidak bailout tersebut akan berakhir pada tanggal 28 Februari dan negara akan kehabisan dana.

Selisih pendapat antara Yunani dan kreditur telah memicu kekhawatiran bahwa hal itu dapat memicu keluarnya Yunani dari zona euro.

Volume perdagangan di pasar tembaga diperkirakan akan turun dalam beberapa hari mendatang karena tutupnya pasar China dari 18 Februari sampai 24 Februari untuk liburan Tahun Baru Imlek.


Indeks dolar AS yang mencatat pergerakan nilai tukar dolar terhadap enam mata uang utama, diperdagangkan pada 94,45, turun 0,01%.

0 comments:

Post a Comment