Thursday, June 25, 2015

Khawatir dengan Utang Yunani Bikin Bursa Asia Terjatuh

Equityworld Futures Medan : Saham-saham di kawasan Asia Pasifik (Bursa Asia) tertekan di awal perdagangan mengikuti bursa regional. Salah satu sentimen yang menekan Bursa Asia adalah kekhawatiran akan penyelesaian utang Yunani.

Mengutip Bloomberg, Kamis (25/6/2015), Indeks MSCI Asia Pasifik turun 0,1 persen pada pukul 09.55 di Tokyo, Jepang. Saham-saham di Jepang mengalami penurunan yang cukup tinggi setidaknya sejak 2007. Saham dari Australia dan Korea juga mengalami penurunan.

Indeks Topix Jepang kehilangan 0,4 persen dan Indeks Nikkei 225 Jepang turun 0,3 persen. Indeks S&P/ASX 200 Australia tergelincir 0,6 persen dipimpin oleh saham-saham perusahaan teknologi. Sedangkan Indeks Kospi Korea Selatan turun 0,2 persen.

Perdana menteri Yunani akan melanjutkan pembicaraan dengan kreditor pada pada hari ini setelah perundingan sebelumnya ditunda karena tidak ada kesepakatan.

"Saya khawatir aksi jual akan lebih cepat terjadi karena investor mulai mengantisipasi apa yang terjadi di Eropa," jelas analis  CMC Markets, Sydney, Australia, Michael McCarthy.

Tim teknis penyelesaian utang Yunani yang terdiri dari perwakilan dari Pemerintah Yunani dengan beberapa negara-negara kreditor mulai berkumpul pada pukul 6 pagi ini di Brussels, Belgia.

Setelah tim teknis perundingan akan dilanjutkan oleh Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras, Direktur IMF Christine Lagarde dan juga Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi.

Jerman sebagai salah satu pendonor besar bagi Yunani sedikit tidak yakin kemungkinan adanya kesepakatan dalam perundingan seperti apa yang terjadi pada perundingan-perundingan sebelumnya. (Gdn/Ndw)

0 comments:

Post a Comment