Monday, June 22, 2015

Senin Siang, Rupiah Menguat ke Posisi Rp 13.330/USD

Equityworld Futures Medan : Laju nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin (22/6) pagi hingga siang menguat tipis sebesar satu poin menjadi Rp 13.330 dibandingkan posisi sebelumnya Rp 13.331 per dolar AS.  Euforia merespons keputusan bank sentral AS (the Fed) yang menahan kenaikan suku bunganya masih terasa di pasar keuangan domestik, terlihat kondisi rupiah cukup stabil.
Akan tetapi,  adanya sentimen negatif terhadap prospek pertumbuhan ekonomi domestik dapat menutupi sentimen positif lainnya sehingga fluktuasi rupiah masih akan mudah berubah.  Secara umum mata uang rupiah masih akan tertekan di sepanjang Juni seiring dengan tingginya permintaan dolar AS.
Dari eksternal, belum adanya kemajuan pada perundingan utang Yunani juga berpeluang menekan rupiah terhadap dolar AS. Sentimen Yunani dapat mendorong tingginya permintaan atas aset “safe haven”. Hari ini pasar akan fokus pada rapat darurat zona Euro yang akan membahas proposal Yunani untuk menentukan apakah dana talangan utang akan diberikan atau tidak.
Negosiasi yang tanpa hasil bisa memberikan sentimen negatif untuk instrumen-instrumen beresiko karena tenggat waktu perpanjangan ’bailout’ hampir berakhir dan Yunani terancam tidak bisa membayar kewajibannya.  Selain itu,   pelaku pasar juga menanti rilis data penjualan rumah kedua di Amerika Serikat untuk bulan Mei 2015, data itu diproyeksi lebih bagus dari data bulan sebelumnya.  [Sugeng R]

0 comments:

Post a Comment