Wednesday, December 2, 2015

Pertumbuhan Ekonomi Australia Berakselerasi seiring Ekspor Rebound

Equityworld Futures Medan : Ekonomi Australia tumbuh pada kecepatan yang lebih cepat dari perkiraan ekonom dalam tiga bulan hingga September, menekankan keputusan bank sentral untuk mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah kemarin.
Produk domestik bruto naik 0,9 persen dari kuartal kedua, saat naik dari revisi 0,3 persen, data pemerintah menunjukkan hari ini. Hal itu dibandingkan dengan rata-rata dari 28 estimasi untuk kenaikan 0,8 persen.
Laporan ini mencakup periode saat mata uang Australia turun hampir 9 persen dalam menanggapi suku bunga yang tetap berada di rekor rendah seiring bank sentral berusaha untuk memacu investasi di luar industri sumber daya. Sementara investasi pertambangan terus menurun, belanja awal oleh perusahaan sumber daya yang meningkatkan output tercermin dalam bergelombangnya volume ekspor komoditas seperti bijih besi.
“Sebagian rebound mencerminkan volatilitas di ekspor komoditas, yang turun tajam pada kuartal kedua seiring pengiriman yang terganggu karena cuaca telah pulih,” Kieran Davies, kepala ekonom di Barclays Plc dan mantan pejabat Departemen Keuangan, mengatakan sebelum rilis. “RBA juga mengharapkan rebound.”
Sementara volume ekspor naik, harga komoditas telah merosot seiring berkurangnya permintaan Cina.
Dolar Aussi naik sedikit dan diperdagangkan di level 73,31 sen AS pada pukul 11:36 siang waktu Sydney dari level 73,25 sen sebelum rilis.
Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ekonomi tumbuh 2,5 persen pada kuartal ketiga, laporan menunjukkan. Perkiraan median ekonom yakni untuk kenaikan 2,4 persen.
Ekspor melonjak 4,6 persen pada kuartal ketiga, menambahkan 1 poin persentase pertumbuhan PDB, laporan menunjukkan. Pengeluaran rumah tangga naik 0,7 persen pada kuartal terakhir, menambahkan 0,4 poin menuju ekspansi, data menunjukkan. Mencerminkan pembalikan investasi sumber daya, konstruksi non-hunian turun 5,3 persen, mengurangi 0,4 persen dari pertumbuhan PDB sementara mesin dan peralatan turun 4,6 persen, mengurangi 0,2 persen. (sdm)
Sumber: Bloomberg

0 comments:

Post a Comment