Friday, May 29, 2020

AS-China Membara, Bursa Asia tak Kompak Hari Ini

People walk past an electronic stock board showing Japan's Nikkei 225 index at a securities firm in Tokyo Wednesday, July 10, 2019. Asian shares were mostly higher Wednesday in cautious trading ahead of closely watched congressional testimony by the U.S. Federal Reserve chairman. (AP Photo/Eugene Hoshiko)PT Equityworld Futures Medan- Bursa saham di kawasan Asia pada perdagangan Jumat (29/5/2020) terpantau bervariatif yang disebabkan oleh rilis data di negara masing-masing yang cenderung kurang baik dan tensi antara Beijing-Washington yang semakin panas.

Merespons ketengangan AS-China, indeks Hang Seng di wilayah administratif China Hong Kong ini turun sebesar 0,19%. Sementara dari bursa Saham China Daratan, Shanghai Stock Exchange (SSE) mengalami apresiasi tipis sebesar 0,30%.

Sementara itu di Jepang, Indeks Nikkei terpangkas 0,62% setelah Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang merilis data produksi industri pada bulan April yang terkontraksi 9,1% dari bulan lalu. Angka ini jauh lebih tinggi dari prediksi analis yang hanya memperkirakan terjadinya kontraksi sebesar 5,1%.

Penjualan ritel di Jepang juga mengalami pukulan yang sangat dalam yaitu penurunan 13,7% dari bulan April tahun lalu. Angka ini juga lebih buruk daripada konsensus yang memperkirakan hanya terjadi kontraksi sebesar 11,5%. Sementara itu tingkat pengangguran di Negeri Matahari Terbit berada di angka 2,6%.

Sementara itu dari Negara Ginseng, Indeks Kospi terkoreksi sebesar 0,11% setelah Badan Statistik Nasional Korea Selatan merilis data produksi industri yang terkontraksi 4,5% dari bulan April tahun lalu. Angka ini sangat besar mengingat konsensus yang hanya memperkirakan terjadi kontraksi sebesar 0,5%.

Di negara lain di Asia seperti tetangga IndonesiaSingapura, indeks STI turun 0,29%. Sementara itu dari dalam negeri terpantau pada 10:00 WIB, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil bertahan di zona hijau di level 4740,95 atau apresiasi sebesar 0,53%.

Sebelumnya, bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street yang menjadi barometer atau acuan bursa saham global pada penutupan perdagangan Kamis kemarin (Jumat pagi waktu Indonesia) ditutup di zona merah.

Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) terpangkas 0,7% di menit-menit terakhir jelang penutupan perdagangan. Di saat yang sama S&P 500 turun 0,4% dan Nasdaq Composite turun 0,6%.

Penurunan Wall Street dipicu oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang merencanakan akan mengadakan konferensi pers terkait China pada hari Jumat (29/05/20) waktu setempat yang bisa menambah tensi perang dingin antara AS-China. Pengumuman Trump muncul setelah Kongres Rakyat Nasional China menyetujui Undang-Undang (UU) keamanan nasional untuk Hong Kong


Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2020
Loker EWF Medan

0 comments:

Post a Comment