Tuesday, July 28, 2015

Saham Jepang Ikuti Pelemahan Ekuitas Global Ditengah Gejolak China

Equityworld Futures Medan : Saham Jepang turun karena pasar China melanjutkan penurunannya yang mendorong ekuitas global yang lebih rendah da meredam permintaan investor untuk perusahaan yang mengandalkan China untuk penjualan nya.
Saham Murata Manufacturing Co, produsen elektronik yang mendapat 57% penjualan dari Cina dan Taiwan, turun sebanyak 2,7%. Komatsu Ltd turun 2%. Eksportir menurun setelah yen menguat tajam dalam hampir tiga pekan terakhir terhadap dolar. Toyota Motor Corp turun 1,5% menjadi hambatan terbesar pada indeks Topix. Tokyo Electric Power Co melonjak 2,1% setelah surat kabar Mainichi melaporkan bahwa para pelaut menerima rencana utilitas untuk pembuangan air tanah dari pembangkit listrik tenaga nuklir ke laut.
Indeks Topix turun 1,1% menjadi 1,619.24 pada sesi istirahat perdagangan di Tokyo, dengan semua kecuali dua dari 33kelompok industri  yang jatuh. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,9% menjadi 20,158.63. Indeks Shanghai Composite turun 2,7% setelah anjlok sebanyak 8,5% pada Senin, memicu sell-off pada saham global dan memperluas penurunan di pasar komoditas.
Gejolak pada saham China dalam delapan tahun terakhir, memimpin penurunan saham di seluruh dunia dan aksi jual menyebar ke dolar karena gejolak didukung spekulasi bahwa Federal Reserve akan mempertahankan suku bunga AS yang lebih rendah lebih lama. Yen diperdagangkan 123,35 per dolar pasca pada Senin menguat terhadap greenback sejak 8 Juli, ketika penurunan sebelumnya mereda di pasar saham China.(yds)
Sumber: Bloomberg

0 comments:

Post a Comment